Minggu, 03 November 2013

Seoul Subway Map : Getting Lost in Seoul? No Problem!!

Annyeonghaseyo chingudeul ^_^

Buat para turis yang sedang berwisata di Seoul, jangan khawatir tersesat ya ^_^
Seoul merupakan ibukota dan "daerah istimewa" di Korea Selatan, sehingga di sana sebagian besar papan informasi ada terjemahan bahasa inggrisnya.

Jika chingudeul tersesat di Seoul, segeralah cari Tourist Information, yang berupa satu "kios" kecil di pinggir jalan seperti gambar di bawah, dan biasanya terdapat 2 atau 3 orang di sana yang bisa berbahasa Inggris dan siap menunjukkan jalan ke mana chingudeul hendak pergi. No need to worry, chingudeul, karena semua ini gratis ^_^ Chingudeul juga bisa mengambil beberapa brosur wisata tentang Korea di sini. Biasanya satu brosur yang sama dibuat ke dalam 4 bahasa yaitu Korea, China, Inggris dan Jepang.



Untuk lebih memudahkan dalam bepergian, di Seoul terdapat subway atau kereta bawah tanah yang biasa disebut cihachol. Subway mulai beroperasi dari pukul 5.30 pagi hingga pukul 12.30 petang, tetapi untuk akhir pekan (weekend) biasanya hanya sampai pukul 11.30 petang. 

Karena terdapat di bawah tanah, chingudeul harus pandai-pandai mencari keberadaan subway. Seperti gambar di bawah, yang ada dalam lingkaran merah tersebut adalah tanda ada subway (tangga ke bawah, dengan tulisan kuning di atasnya).



Untuk mengetahui posisi chingudeul sekarang, di dalam subway terdapat Area Map yaitu semacam peta yang menunjukkan keberadaan chingudeul sekarang, beserta dengan 800 meter area sekeliling terdekat. Dengan begini maka chingudeul tidak perlu khawatir akan tersesat. Selain itu, pada kaca dekat pintu masuk kereta terdapat peta yang menunjukkan station-station terdekat yang bisa dicapai.




Nah, jika chingudeul ingin mendapatkan peta subway Seoul biasanya harus ke Tourist Information, atau bisa langsung menemui pengawas subway yang ada di dekat pintu masuk subway. Hanya saja, petanya di tulis dalam Hangul (huruf Korea) T___T Duh bagaimana nih?

Don't worry, chingudeul, kini kalian bisa mengunduh peta subway Seoul dalam bahasa inggris di sini
Dengan begini, kalian ga akan tersesat lagi okay? Jangan lupa beli kartu subway (T-Money) di minimarket terdekat ya. Di subway biasanya ada Seven Eleven atau C4U yang menjual T-Money seharga 2500 won ^_^ Namun kartunya harus direload dulu agar bisa dipakai. Reload juga bisa dilakukan di minimarket kok ^_^

So, are you ready for adventure? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar